SD Eka Tjipta Tanjung Paring, Cetak Murid Prestasi Nasional Meski di Pelosok Kalteng

SD Eka Tjipta Tanjung Paring (kontenkalteng.com)

kontenkalteng.com, Sampit,-Berada di belantara perkebunan kelapa sawit pedalaman Kalimantan Tengah, sekolah ini terbilang bersih dan rapi. Muridnya juga tak banyak hanya 165 siswa yang terbagi dalam 6 ruang kelas.

Baca juga: Desa Tanjung Rangas Perlu Pengadaan Mobeler Sekolah

Sekolah berakreditasi A itu berada di Desa Sandul, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan atau sekitar 3 jam perjalanan darat dari Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Namun untuk urusan prestasi, sekolah bernama SD Eka Tjipta Tanjung Paring ini telah melahirkan sejumlah siswa berprestasi, tak hanya tingkat provinsi tapi hingga nasional.

Sebut saja Akila Widiani Putri, Juga lomba Olimpiade IPA tingkat Kabupaten Seruyan, berada di peringkat 5 Provinsi Kalteng  dan masuk urutan 16 besar nasional  pada Tahun 2018.

Kemudian ada Widia Eka Salsabila (11) dan Niayah Ailia (11) juara Olimpiade matematika tingkat Kabupaten Seruyan.

Isnawati bersama murid berprestasi dari SD Eka Tjipta Tanjung Paring

Isnawati (35) salah seorang guru disekolah tersebut mengatakan, untuk sistim pembelajaran, selain mengikuti aturan pada Dinas Pendidikan,  juga ada modul yang diberikan oleh tim dari Yayasan Eka Tjipta Foundation (ETF).

Dalam modul yang diberikan kepada para guru ada sasaran dan target yang harus dicapai yang nantinya akan dilakukan audit oleh ETF pada setiap akhir tahun.

“Kami para guru yang bisa mencapai target akan mendapatkan reward dari yayasan,”ujar lulusan Sekolah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Palangka Raya.

Murosid (51) Kepala sekolah SD Eka Tjipta Tanjung Paring menambahkan, untuk saat ini kendala yang dihadapi  saat melakukan persiapan seperti mengikuti Olimpides IPA atau Matematika yakni mereka belum memiliki sarana alat yang dibutuhkan seperti alat peraga pendidikan.

“Selain itu pembimbing dari kita semuanya lulusan S1 sedangkan di Jawa mereka sudah menggunakan dosen untuk membimbing murid yang akan bertanding,”ujar pria asal Magelang, Jawa Tengah.

Penyambutan tamu oleh para murid SD Eka Tjipta Tanjung Paring.

Sri mahyudin, Regional Coordinator PT. Sinar Mas mengatakan, sekolah yang berada dikebun kelapa sawit ini diberikan kepada anak-anak para pegawai perusahaan dengan gratis.

“Jadi  perusahaan memfasilitasi kebutuhan anak karyawan.  Ini dilakukan agara agar karyawan bekerja dengan tenang dan anaknya sekolah dengan baik,”terangnya. (Dhan-OR2)