Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Hewan Liar Masuk Pemukiman

Ilustrasi (kontenkalteng.com)

kontenkalteng.com,, Palangka Raya – Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya, Gloriana Aden, mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kehadiran hewan liar di sekitar pemukiman mereka.

Baca juga: Serangan Monyet Liar Masih Hantui Permukiman Flamboyan Bawah, Warga Kembali Siaga

“Kami mengingatkan kepada warga agar selalu waspada terhadap kemungkinan masuknya hewan liar ke dalam pemukiman mereka, terutama ular yang dapat membahayakan keselamatan keluarga,” kata Gloriana Aden, Jumat (3/5/2025).

Disampaikannya bahwa belakangan ini sering terjadi masuknya hewan liar seperti ular ke dalam rumah warga, bahkan ada yang berukuran besar yang tentunya membahayakan keselamatan warga.

“Kami mengimbau kepada seluruh warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah, serta melakukan langkah pencegahan seperti menutup rapat celah-celah di rumah dan segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang,” ucapnya.

Selain itu, Gloriana Aden juga mengingatkan pentingnya untuk tidak mencoba menangani hewan liar sendiri tanpa memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam penanganannya karena dapat membahayakan keselamatan jiwa.

“Jika memang tidak memiliki pengalaman untuk menangani hewan liar ketika terjadi kedaruratan, maka jangan coba-coba. Sebaliknya, segera hubungi layanan darurat 112 Pemko Palangka Raya untuk mendapatkan bantuan yang tepat,” tutupnya.(RF-OR1)